MAKALAH SISTEM INFORMASI
MANAJEMEN Tugas ini digunakan sebagai tugas akhir individu
mata kuliah Sistem
Informasi Manajemen
Dosen pembimbing :
Ibu Yayu Sri Rahayu
Disusun oleh :
Fitri Nor Fatikmah
(150108066)
Kelas D3 MTU
D
PROGRAM STUDI D3 MANAJEMEN TRANSPORTASI UDARA
STTKD YOGYAKARTA
2015
BAB 1
PENDAHULUAN
A.
Latar
belakang
Sebagai
moda transportasi alternatifsektor darat, kereta api menjadi suatu pilihan tepat
bagi masyarakat untuk dapat menempuh perjalanan tanpa hambatan. Padatnya
kendaraan bermotor di perkotaan yang kian menciptakan kemacetan dimana-mana,
menjadikan suatu alasan utama bagi masyarakat untuk beralih transportasi dengan
kereta. Kereta Api memiliki karakteristik dan keunggulan yang lebih disbanding
transportasi darat lainnya seperti Bus dan angkutan umum yang lainnya dimana
kereta memiliki karakteristik dan keunggulan khusus, terutama dalam
kemampuannya untuk mengangkut, baik orang maupun barang secara masal, menghemat
energy, menghemat ruang, memiliki tingkat pencemaran yang rendah, dan yang
terpenting adalah kecepatannya yang dapat menghemat waktu perjalanan. Tak heran
bilamana kereta api menjadi transportasi darat yang sangat diminati para penumpang
untuk dapat dengan cepat sampai ke tempat tujuan. Kebutuhan masyarakat akan
transportasi ini meningkat intensitasnya ketika hari libur pecan maupun libur
panjang dan menjelang hari raya. Namun intensitas untuk hari kerja para
pekerja, tidaklah sebanyak hari libur dan menjelang hari raya dikarenakan
memang lokasi pekerjaan dapat terjangkau dengan baik bilamana menggunakan
motor, mobil, bus atau angkutan umum lainnya.
Pada
makalah yang akan dibahas ini, penulis akan memaparkan seluk-beluk tentang
perkeretaapian mulai dari profil perusahaan, struktur, tujuan, visi dan misi,
logo, fasilitas, lowongan-lowongan pekerjaan yang diselenggarakan oleh PT.KAI,
sampai dengan produk jasa yang ditawarkan, macam-macam jenis kereta yang
beroperasi, semua akan di bahas dalam makalah ini.
BAB 2
PROFIL
PERUSAHAAN
A. Sejarah
Perusahaan
Kereta
api di Indonesia ditandai dengan pencangkulan pertama pembangunan jalan KA di
desa Kemijen, Jum'at tanggal 17 Juni 1864 oleh Gubernur Jenderal Hindia
Belanda, Mr. L.A.J Baron Sloet van den Beele. Pembangunan diprakarsai oleh
Naamlooze Venootschap Nederlandsch Indische Spoorweg Maatschappij (NV.NISM)
yang dipimpin oleh Ir. J.P de Bordes dari Kemijen menuju desa Tanggung (26 Km)
dengan lebar sepur 1435 mm. Ruas jalan ini dibuka untuk angkutan umum pada hari
Sabtu, 10 Agustus 1867.
Keberhasilan
swasta, NV. NISM membangun jalan KA antara Kemijen - Tanggung, yang kemudian
pada tanggal 10 Februari 1870 dapat menghubungkan kota Semarang - Surakarta
(110 Km), akhirnya mendorong minat investor untuk membangun jalan KA di daerah
lainnya. Tidak mengherankan, kalau pertumbuhan panjang jalan rel antara 1864 -
1900 tumbuh de-ngan pesat. Kalau tahun 1867 baru 25 Km, tahun 1870 menjadi 110
Km, tahun 1880 mencapai 405 Km, tahun 1890 menjadi 1.427 Km dan pada tahun 1900
menjadi 3.338 Km.
Selain
di Jawa, pembangunan jalan KA juga dilakukan di Aceh (1874), Sumatera Utara
(1886), Sumatera Barat (1891), Sumatera Selatan (1914), bahkan tahun 1922 di
Sulawasi juga telah dibangun jalan KA sepanjang 47 Km antara Makasar-Takalar,
yang pengoperasiannya dilakukan tanggal 1 Juli 1923, sisanya Ujungpandang -
Maros belum sempat diselesaikan. Sedangkan di Kalimantan, meskipun belum sempat
dibangun, studi jalan KA Pontianak - Sambas (220 Km) sudah
diselesaikan.Demikian juga di pulau Bali dan Lombok, pernah dilakukan studi
pembangunan jalan KA.
Jenis
jalan rel KA di Indonesia semula dibedakan dengan lebar sepur 1.067 mm; 750 mm
(di Aceh) dan 600 mm di beberapa lintas cabang dan tram kota. Jalan rel yang
dibongkar semasa pendudukan Jepang (1942 - 1943) sepanjang 473 Km, sedangkan
jalan KA yang dibangun semasa pendudukan Jepang adalah 83 km antara Bayah -
Cikara dan 220 Km antara Muaro - Pekanbaru. Ironisnya, dengan teknologi yang
seadanya, jalan KA Muaro - Pekanbaru diprogramkan selesai pembangunannya selama
15 bulan yang mempekerjakan 27.500 orang, 25.000 diantaranya adalah Romusha.
Jalan yang melintasi rawa-rawa, perbukitan, serta sungai yang deras arusnya
ini, banyak menelan korban yang makamnya bertebaran sepanjang Muaro- Pekanbaru.
Setelah
kemerdekaan Indonesia diproklamir-kan pada tanggal 17 Agustus 1945, karyawan KA
yang tergabung dalam Angkatan Moeda Kereta Api (AMKA) mengambil alih kekuasa-an
perkeretaapian dari pihak Jepang. Peristiwa bersejarah tersebut terjadi pada
tanggal 28 September 1945.Pembacaan pernyataan sikap oleh Ismangil dan sejumlah
anggota AMKA lainnya, menegaskan bahwa mulai tanggal 28 September 1945
kekuasaan perkeretaapian berada di tangan bangsa Indonesia. Orang Jepang tidak
diperbolehkan campur tangan lagi urusan perkeretaapi-an di Indonesia. Inilah
yang melandasi ditetapkannya 28 September 1945 sebagai Hari Kereta Api di
Indonesia, serta dibentuknya Djawatan Kereta Api Republik Indonesia (DKARI).
B.
Logo
Bentuk:
Garis
melengkung: Melambangkan gerakan yang dinamis PT KAI dalam mencapai Visi dan
Misinya.
Anak
Panah: Melambangkan Nilai Integritas, yang harus dimiliki insan PT KAI dalam
mewujudkan Pelayanan Prima.
Warna:
Orange: Melambangkan proses Pelayanan Prima
(Kepuasan Pelanggan) yang ditujukan kepada pelanggan internal dan eksternal.
Biru: Melambangkan semangat Inovasi yang harus
dilakukan dalam memberikan nilai tambah ke stakeholders. Inovasi dilakukan
dengan semangat sinergi di semua bidang dan dimulai dari hal yang paling kecil
sehingga dapat melesat.
C. Visi
dan Misi
Visi
menjadi penyedia jasa perkeretaapian terbaik yang fokus pada pelayanan
pelanggan dan memenuhi harapan stakeholders
Misi
menyelenggarakan bisnis perkeretaapian dan bisnis usaha penunjangnya, melalui
praktek bisnis dan model organisasi terbaik untuk memberikan nilai tambah yang
tinggi bagi stakeholders dan kelestarian lingkungan berdasarkan 4 pilar utama :
Keselamatan, Ketepatan waktu, Pelayanan dan Kenyamanan.
D. Struktur
Organisasi
BAB
3
Bagian
1
A. Berita :
Rail Clinic
Layani Masyarakat Sekitar Stasiun Kedungjati
Tanggal Publikasi : 10.05.2016 00:00:00
Dalam rangka pelaksanaan
program lanjutan BUMN hadir untuk negeri dan kepedulian PT Kereta Api Indonesia
(Persero) untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di sepanjang
jalur kereta api terutama masyarakat di daerah terpencil yang tidak terjangkau
pelayanan kesehatan, hari ini Selasa (10/5) Daop 4 Semarang kembali mengadakan
kegiatan Bakti Sosial Rail Clinic yang bertempat di Stasiun Kedungjati. Dengan bertemakan
"Tranformasi Untuk Negeri" Rail Clinic kembali hadir di tengah-tengah
masyarakat sekitar Stasiun Kedungjati untuk memberikan penyuluhan
kesehatan, konsultasi kesehatan, pengobatan gratis, pemberian kacamata gratis
untuk anak SD, dan sosialisasi keselamatan perjalanan KA kepada masyarakat
sekitar.
KAI Tandatangani MOU
dengan Unpad
Tanggal Publikasi : 09.05.2016 00:00:00
Bertempat di Flores
Ballroom, Hotel Borobudur, Jakarta, KAI bersama 15 BUMN lain meneken MoU dengan
Universitas Padjadjaran (Unpad) guna pendirian Universitas Padjadjaran - BUMN
Center of Excellence (Unpad-BCE), Senin (9/5). Program tersebut diluncurkan
sebagai pusat pengembangan keunggulan BUMN untuk menciptakan daya saing global.
Dalam acara tsb, hadir Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Ristek dan
Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir, Menteri Kominfo Rudiantara, Rektor Unpad Tri
Hanggono Achmad, DU beserta jajaran, serta direksi BUMN-BUMN lain.
Koordinasi dengan Walikota Surakarta Terkait KA
Bandara Adi Soemarmo
Tanggal Publikasi : 07.05.2016 00:00:00
Guna mempersiapkan jalur
Kereta Api Ke Bandara Adi Soemarmo, dilakukan pertemuan antara KAI dengan
Walikota Surakarta FX Hadi Rudyatmo pada Sabtu (7/5). Pada kesempatan ini hadir
pula Direktur Utama PT Angkasa Pura 1 Sulistyo Wimbo Hardjito.Pertemuan dilakukan
di rumah Loji Gandrung Rumah Dinas Walikota Solo. Dari pertemuan tersebut
rencananya akan dilakukan kajian terkait pembukaan rute baru yang menghubungkan
antara stasiun dan bandara. Dengan adanya rute baru tersebut diharapkan dapat
mempermudah akses masyarakat.
Inspeksi Jalur KA untuk Persiapan Angkutan Lebaran
2016
Tanggal Publikasi : 07.05.2016 00:00:00
Jajaran PT Kereta Api
Indonesia (Persero) yang dipimpin oleh Direktur Utama Edi Sukmoro melakukan
inspeksi dengan lintas Bandung - Yogyakarta, Kamis (5/5) dan Solo - Semarang -
Gambir, Sabtu (7/5). Inspeksi dilakukan menggunakan KA Inspeksi
Wijayakusuma.Inspeksi Jalur Selatan dimulai dari Stasiun Bandung kemudian
berhenti di Stasiun Kiaracondong, Rancaekek, Bumiwaluya, Cipeundeuy,
Tasikmalaya, Banjar, Kroya, Kutoarjo, dan Yogyakarta. Untuk Inspeksi jalur
Utara, KA Inspeksi berhenti Stasiun Purwosari, Solo Jebres, Gundih, Semarang
Tawang, Pekalongan, Tegal, Cirebon Prujakan, Cirebon Kejaksaan, Cikampek, dan
Gambir.
A. Kerja
sama
A. PT Reska Multi Usaha
PT
Reska Multi Usaha bergerak dalam bidang usaha Restorasi KA, Service On Train
(SOT), Jasa Boga (Catering), Resto & Cafe, Parkir. Komposisi kepemilikan
saham PT Reska Multi Usaha yaitu PT KAI 95,01% dan Yayasan Pusaka 4,99%.
Alamat
Kantor :
Stasiun Mangga Besar
Lt. 1, Jl. Karanganyar no. 1 Jakarta Pusat
Telepon : 021-62302540
Email :
reska.pusat@reska.co.id
Website :
www.reska.co.id
B. PT Railink
PT
Railink merupakan joint venture antara PT Kereta Api Indonesia (Persero) dengan
PT Angkasa Pura II (Persero) dengan komposisi kepemilikan saham 60% KAI dan 40%
AP II. Kegiatan usaha yang dijalaninya yakni pengoperasian, Pengoperasian
pengelolaan dan pengusahaan kereta api bandara, Pengembangan dan pengelolaan
stasiun kereta api di bandara dan di pusat kota, Pengadaan dan pemeliharaan
sarana dan prasarana kereta api, Pembagunan prasarana kereta api, Konsultasi
dan desain sistem perkerataapian, Pengusahaan jasa lainnya yang menunjang
usaha-usaha pokok.
Alamat
Kantor :
1. Kantor Pusat :
Gedung JRC Lantai 3, Jl. Ir. H. Juanda 1B No. 8-10 Jakarta Pusat
2. Cabang Medan : Jl.
Prof. H.M. Yamin, SH No. 14 - Medan 20231, Sumatra Utara, Indonesia
Telepon : 061 - 4561331
Email :
info@railink.co.id
Website :www.railink.co.id
B. PT
KAI Commuter Jabodetabek
PT
KAI Commuter Jabodetabek dibentuk berdasarkan Inpres No. 5 tahun 2008 dam surat
Menneg BUMN No.S-653/MBU/2008 tanggal 12 agustus 2008. Tugas pokok KCJ adalah
menyelenggarakan pengusahaan jasa angkutan kereta api commuter dengan
menggunakan sarana Kereta Rel Listrik di wilayah Jakarta, Bogor, Depok,
Tangerang, dan Bekasi serta pengusahaan di bidang usaha non angkutan penumpang.
PT KAI Commuter Jabodetabek dengan komposisi kepemilikan saham KAI 99,78% dan
Yayasan Pusaka 0,22%.
Alamat
Kantor :
Stasiun Juanda Lt. 1
& 2, Jl. Ir. H. Juanda 1 - Jakarta Pusat, 10120, Indonesia
Telepon : 021 - 345
3535
Fax : 021 - 34834084
email :
commuter@krl.co.id
Website : www.krl.co.id
D. PT KA Pariwisata
PT
KA Pariwisata atau disingkat PT KA Wisata bertujuan untuk menyediakan barang
atau jasa yang bermutu tinggi dan berdaya saing kuat di pasar dalam wilayah
Indonesia dibidang pariwisata kereta api, dan kegiatan usaha yang mendukung
pariwisata kereta api dengan menerapkan prinsip-prinsip Perseroan Terbatas. Komposisi
kepemilikan saham PT KA Pariwisata yaitu KAI 99,90% dan Yayasan Pusaka 0,1%.
Alamat Kantor :
Stasiun Gambir Lt. 2,
Jl. Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat 10110, Indonesia.
Telepon : 021 -
38902233
Fax : 021 - 38902424
Email :
info@indorailtour.com
Website :
www.indorailtour.com
E. PT. KA Logistik
PT
Kereta Api Logistik (Kalog) memiliki usaha di bidang layanan distribusi
logistik berbasis kereta api, dengan kemasan bisnis door to door service untuk
memberikan pelayanan yang parnipurna bagi pelanggan kereta api yang didukung
dengan angkutan pra dan lanjutan serta layanan penunjangnya, meliputi
pengelolaan Termianal Peti Kemas (TPK), bongkar muat, pergudangan, pengepakan,
pelabelan, pengangkutan, penjejakan, pengawalan logistik serta manajemen logistik
dengan menerapkan prinsip-prinsip perseroan terbatas. Orientasi bisnis Kalog
kedepan adalah sebagai jasa layanan distribusi logistik secara Total Solution
melalui End-to-End Services atau dengan kata lain sebagai SCM Service Provider.
Fungsi dan peran
kontributif Kalog terhadap jasa layanan yang telah disediakan oleh induknya
adalah sebagai pencipta nilai tambah (value creator) sepanjang rantai nilai
(value chain) layanan distribusi logistik, termasuk layanan yang telah
disediakan oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero), seperti angkutan barang dan
pergudangan. Komposisi kepemilikan saham PT KA Logistik yaitu KAI 99,90% dan
Yayasan Pusaka 0,1%.
Alamat
Kantor :
Stasiun Gondangdia Lt.
1, Jl. KH. Wahid Hasyim No. 11 A, Jakarta Pusat 10340
Telepon : 021 -
31922299,
Fax: 021 - 31922288,
Email :
info@kalogistics.co.id
Website :www.kalogistics.co.id
F.
PT KA Properti Manajemen
PT
KA Properti Manajemen atau disingkat PT KAPM memiliki usaha di bidang pengelolaan
aset/properti perkeretaapian milik PT Kereta Api Indonesia (Persero) maupun
pihak lainnya dengan tujuan mengoptimalkan pemanfaatan serta memberikan nilai
tambah aset/properti tersebut guna memenuhi standar mutu terbaik dengan
menerapkan prinsip-prinsip Perseroan Terbatas. Komposisi kepemilikan saham PT
KA Properti Manajemen yaitu KAI 99,90% dan Yayasan Pusaka 0,1%.
Alamat
Kantor :
Stasiun Sawah Besar Lt.
1, Jl. K.H. Samanhudi, Jakarta Pusat - 10710
Telepon : 021 - 3451040
& 021 -3451404
Faximile: 021 - 3451087
E-mail:
corporate@kapm.co.id
Website :
www.kapm.co.id
G. PT Pilar Sinergi
BUMN Indonesia
PT
Pilar Sinergi BUMN Indonesia atau disingkat PSBI merupakan Joint Venture dari 4
BUMN yaitu PT Wijaya Karya (Persero) (WIKA), PT Jasa Marga (Persero) Tbk.
(JSMR), PT Kereta Api Indonesia (Persero) (KAI) dan PT Perkebunan Nusantara
VIII (PTPN VIII) dengan kepelimilikan saham Wika 38%, KAI 25%, PN VIII 25%, dan
JSMR 12%. PT PSBI bersama-sama dengan China Railway International Co. Ltd. dari
Tiongkok membentuk PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) untuk
menyelenggarakan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Penjelasan mengenai
proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung dapat anda lihat pada tautan berikut ini :
profil
Alamat Kantor:
Jl. D.I. Panjaitan Kav.9,
Jakarta 13340, PO Box 4174
Telepon: 021-8192808,
8508640, 8508650
Faximile: 021-8191235
C. Event
KAI Raih Penghargaan dalam Indonesia
Young Woman Future Business Leaders 2016
Tanggal
Publikasi : 03.05.2016 00:00:00
Dua
Srikandi KAI, dr Astrid Anindita, Manager Health Public Services dan Dian
Anggraheni Puspitasari, Customer Care Manager mendapatkan penghargaan dalam
Indonesia Young Woman Future Business Leaders 2016. Astrid Anindita dinobatkan
sebagai The First Winner of Indonesia Young Woman Future Business Leaders 2016,
dimana sebelumnya dia bertugas sebagai Manajer Kesehatan Daop 6
Yogyakarta.Sedangkan Dian Anggraheni Puspitasari menerima penghargaan sebagai
The Third Winner of Indonesia Young Woman Future Business Leaders 2016.Dua
penghargaan ini diberikan oleh Majalah SWA yang bekerjasama dengan Dunamis dan
IPSOS, dalam acara Malam Penganugerahan yang diadakan di Hotel Shangri-La,
Jakarta, Selasa (3/5).
dr Astrid Anindita_Manager Health Public Services menjadi salah seorang pembicara dalam seminar. Menurut Kemal. E. Gani, Group Chief Editor SWA, penghargaan Indonesia Young Woman Future Business Leaders 2016 bertujuan untuk mencari dan menampilkan wanita muda Indonesia yang akan menjadi calon pemimpin di masa mendatang. Dilanjutkannya, ia meyakini jika wanita-wanita Indonesia tidak kalah hebatnya dalam memimpin sebuah perusahaan. Dan metode penilaian yang dilakukan untuk menjaring wanita-wanita hebat ini dilakukan dengan cara para peserta diharuskan membuat proposal mengenai dirinya dan apa yang dilakukannya. Lalu mereka mempresentasikannya di depan Dewan Juri dari kalangan Profesional dan Akademisi yaitu Tommy Sudjarwadi (Partner Franklin Covy Indonesia), Irham Dilmy (Wakil Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara) Kartika D Antono (direktur Pengelola PT Multi Strada Argo Internasional) dan Neneng Goenadi (Country Director Accenture Indonesia).
Jajaran PT KAI berfoto bersama Dua Srikandi PT KAI
Tak
berbeda dengan tahun sebelumnya ajang ini terbuka bagi perempuan berusia
maksimal 35 tahun, baik sebagai profesional maupun wirausaha. Mereka harus
memiliki jabatan minimal sebagai manager dan mengirimkan tulisan ringkas
tentang prestasi dan terobosan apa yang telah dicapai sehingga layak menjadi
pemimpin bisnis masa depan. (PR KAI)
Bagian 2 :
A.
Produk :
1. LAYANAN PENUMPANG
Sebagai perusahaan
yang mengelola perkeretaapian di Indonesia, PT. Kereta Api Indonesia (Persero)
telah banyak mengoperasikan KA penumpangnya, baik KA Utama (Komersil dan Non
Komersil), maupun KA Lokal di Jawa dan Sumatera, yang terdiri dari :
- KA Eksekutif
- KA Ekonomi AC
- KA Bisnis
- KA Ekonomi
- KA Campuran
- KA Lokal
- KRL
- KA Eksekutif
- KA Ekonomi AC
- KA Bisnis
- KA Ekonomi
- KA Campuran
- KA Lokal
- KRL
Pelayanan Penumpang :
·
RESTORASI
·
KRU KA
·
MANAGER ON DUTTY ON TRAIN CLEANING
2.
ANGKUTAN
BARANG
Komoditi yang dapat dilayani pada angkutan barang,
diantaranya :
Petikemas
Paletisasi, Insulated and refrigerated containers,
Standard containers, Hard-top containers, Open-top containers, Flatracks,
Platforms (plats), Ventilated containers, Bulk containers, Tank containers
Barang curah
Liquid/ Cair
BBM, CPO,Semua bahan kimia cair yang tidak korosif,
Minyak goreng, air mineral dan lain-lain
Barang curah
Batubara, pasir, semen, gula pasir, pupuk, beras,
kricak, aspalt, klinker dan lain-lain
Barang retail
Barang elektronik, hasil produksi pabrik yang sudah
terpaket, barang kiriman hantaran, barang potogan
Barang packaging
Semen, pupuk, gula pasir, beras, paletisasi
3.
PENGUSAHAAN ASET
Untuk melakukan sewa aset PT. Kereta Api Indonesia
(Persero) anda mengikuti prosedur sewa sebagai berikut :
Aset yang dapat disewa terdiri dari Aset Railway dan
Aset Non Railway
Mengajukan permohonan sewa ke Manager komersial di
daerah operasi terdekat.
Menunjukan SPPT PBB terbaru.
Melakukan Pertemuan untuk Pembahasan rencana sewa-menyewa, Penentuan tarif dan Kesepakatan kerjasama.
Peninjauan lokasi bersama.Proses kontrak
Penandatanganan kontrak kerjasama
Menunjukan SPPT PBB terbaru.
Melakukan Pertemuan untuk Pembahasan rencana sewa-menyewa, Penentuan tarif dan Kesepakatan kerjasama.
Peninjauan lokasi bersama.Proses kontrak
Penandatanganan kontrak kerjasama
B.
Seputar tiket
|
|
|
|
|
DAFTAR TEMPAT PEMBELIAN TIKET :
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
C.
Sarana PT.KAI
Sarana Perkeretaapian
Sarana Kereta Api merupakan alat produkasi untuk menghasilkan jasa
angkutan kereta api yang terdiri dari lokomotif, Kereta Rel Listrik (KRL),
Kereta Rel Diesel (KRD), kereta penumpang dan gerbong barang. Kondisi sarana
kereta api yang dioperasikan PT. Kereta Api Indonesia (Persero) adalah sebagai
berikut :
Aset Sarana Kereta Api
JENIS SARANA
|
JUMLAH (unit)
|
LOKOMOTIF
|
516
|
KRL
|
816
|
KRD
|
157
|
KERETA
|
1.722
|
GERBONG
|
8.171
|
BAB 4
PENUTUP
A. Kesimpulan
Berdasarkan makalah diatas, penulis menyimpulkan bahwa
sistem informasi manajemen PT.KAI sudah baik dan tertata rapi. Dari hal sekecil
apapun perusahaan PT.KAI sudah mempersiapkan sebaik mungkin dalam pengoperasiannya. Mulai dari struktur organisasi, setiap jabatan sudah meniliki tugasnya
masing-masing untuk membantu melancarkan jalannya perusahaan., dengan didukung
fasilitas yang memadai dan selalu memperhatikan keluhan pengguna jasanya,
PT.KAI menjadi semakin berkembang pesat sampai sekarang. Dengan ditambahnya
rute-rute terbaru di daerah pelosok, pengguna jasa daerah perbatasan dan pelosok negeri lebih mudah untuk menggunakan transportasi
umum.
PT.KAI juga menawarkan
tiket dengan harga terjangkau dengan fasilitas full AC, dan gerbong kantin. Di
zaman yang semakin maju sekarang ini, untuk memesan tiket kereta api tidak
harus datang ke stasiun, melainkan bisa melalui handphone dengan mengakses
internet, pembayaran melalui ATM maupun
bank, atau di kios-kios yang menyediakan
tiket, maupun di pusat perbelanjaan seperti, indomart, alfamart dll. Dan
jika kita ingin membatalkan suatu perjalanan tetapi sudah terlanjur membeli
tiket, ada beberapa stasiun yang melayani untuk pembatalan tiket. Tetapi uang
tidak bisa kembali 100%, melainkan sudah dipo ng oleh pihak perusahaan.
Star Sands Casino Resort in Canada: The Ultimate Guide to
BalasHapusStar Sands Casino is a premier casino and hotel in Canada 샌즈카지노 for the enjoyment of a group 온카지노 of devotees. The Star Sands is operated 메리트카지노 by