Sabtu, 04 Juni 2016

Tugas Sistem Informasi Manajemen



MAKALAH SISTEM INFORMASI MANAJEMEN Tugas ini digunakan sebagai tugas akhir individu
mata kuliah Sistem Informasi Manajemen
Dosen pembimbing :
Ibu Yayu Sri Rahayu
Description: C:\Users\jijjey\Downloads\logo-sttkd-g.png

Disusun oleh :
Fitri Nor Fatikmah (150108066)
Kelas D3 MTU D

PROGRAM STUDI D3 MANAJEMEN TRANSPORTASI UDARA

STTKD YOGYAKARTA

2015

 




BAB 1
PENDAHULUAN
A.    Latar belakang

Sebagai moda transportasi alternatifsektor darat, kereta api menjadi suatu pilihan tepat bagi masyarakat untuk dapat menempuh perjalanan tanpa hambatan. Padatnya kendaraan bermotor di perkotaan yang kian menciptakan kemacetan dimana-mana, menjadikan suatu alasan utama bagi masyarakat untuk beralih transportasi dengan kereta. Kereta Api memiliki karakteristik dan keunggulan yang lebih disbanding transportasi darat lainnya seperti Bus dan angkutan umum yang lainnya dimana kereta memiliki karakteristik dan keunggulan khusus, terutama dalam kemampuannya untuk mengangkut, baik orang maupun barang secara masal, menghemat energy, menghemat ruang, memiliki tingkat pencemaran yang rendah, dan yang terpenting adalah kecepatannya yang dapat menghemat waktu perjalanan. Tak heran bilamana kereta api menjadi transportasi darat yang sangat diminati para penumpang untuk dapat dengan cepat sampai ke tempat tujuan. Kebutuhan masyarakat akan transportasi ini meningkat intensitasnya ketika hari libur pecan maupun libur panjang dan menjelang hari raya. Namun intensitas untuk hari kerja para pekerja, tidaklah sebanyak hari libur dan menjelang hari raya dikarenakan memang lokasi pekerjaan dapat terjangkau dengan baik bilamana menggunakan motor, mobil, bus atau angkutan umum lainnya.
Pada makalah yang akan dibahas ini, penulis akan memaparkan seluk-beluk tentang perkeretaapian mulai dari profil perusahaan, struktur, tujuan, visi dan misi, logo, fasilitas, lowongan-lowongan pekerjaan yang diselenggarakan oleh PT.KAI, sampai dengan produk jasa yang ditawarkan, macam-macam jenis kereta yang beroperasi, semua akan di bahas dalam makalah ini.


BAB 2
PROFIL PERUSAHAAN

A.    Sejarah Perusahaan
Kereta api di Indonesia ditandai dengan pencangkulan pertama pembangunan jalan KA di desa Kemijen, Jum'at tanggal 17 Juni 1864 oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda, Mr. L.A.J Baron Sloet van den Beele. Pembangunan diprakarsai oleh Naamlooze Venootschap Nederlandsch Indische Spoorweg Maatschappij (NV.NISM) yang dipimpin oleh Ir. J.P de Bordes dari Kemijen menuju desa Tanggung (26 Km) dengan lebar sepur 1435 mm. Ruas jalan ini dibuka untuk angkutan umum pada hari Sabtu, 10 Agustus 1867.
Keberhasilan swasta, NV. NISM membangun jalan KA antara Kemijen - Tanggung, yang kemudian pada tanggal 10 Februari 1870 dapat menghubungkan kota Semarang - Surakarta (110 Km), akhirnya mendorong minat investor untuk membangun jalan KA di daerah lainnya. Tidak mengherankan, kalau pertumbuhan panjang jalan rel antara 1864 - 1900 tumbuh de-ngan pesat. Kalau tahun 1867 baru 25 Km, tahun 1870 menjadi 110 Km, tahun 1880 mencapai 405 Km, tahun 1890 menjadi 1.427 Km dan pada tahun 1900 menjadi 3.338 Km.
Selain di Jawa, pembangunan jalan KA juga dilakukan di Aceh (1874), Sumatera Utara (1886), Sumatera Barat (1891), Sumatera Selatan (1914), bahkan tahun 1922 di Sulawasi juga telah dibangun jalan KA sepanjang 47 Km antara Makasar-Takalar, yang pengoperasiannya dilakukan tanggal 1 Juli 1923, sisanya Ujungpandang - Maros belum sempat diselesaikan. Sedangkan di Kalimantan, meskipun belum sempat dibangun, studi jalan KA Pontianak - Sambas (220 Km) sudah diselesaikan.Demikian juga di pulau Bali dan Lombok, pernah dilakukan studi pembangunan jalan KA.
Jenis jalan rel KA di Indonesia semula dibedakan dengan lebar sepur 1.067 mm; 750 mm (di Aceh) dan 600 mm di beberapa lintas cabang dan tram kota. Jalan rel yang dibongkar semasa pendudukan Jepang (1942 - 1943) sepanjang 473 Km, sedangkan jalan KA yang dibangun semasa pendudukan Jepang adalah 83 km antara Bayah - Cikara dan 220 Km antara Muaro - Pekanbaru. Ironisnya, dengan teknologi yang seadanya, jalan KA Muaro - Pekanbaru diprogramkan selesai pembangunannya selama 15 bulan yang mempekerjakan 27.500 orang, 25.000 diantaranya adalah Romusha. Jalan yang melintasi rawa-rawa, perbukitan, serta sungai yang deras arusnya ini, banyak menelan korban yang makamnya bertebaran sepanjang Muaro- Pekanbaru.




Setelah kemerdekaan Indonesia diproklamir-kan pada tanggal 17 Agustus 1945, karyawan KA yang tergabung dalam Angkatan Moeda Kereta Api (AMKA) mengambil alih kekuasa-an perkeretaapian dari pihak Jepang. Peristiwa bersejarah tersebut terjadi pada tanggal 28 September 1945.Pembacaan pernyataan sikap oleh Ismangil dan sejumlah anggota AMKA lainnya, menegaskan bahwa mulai tanggal 28 September 1945 kekuasaan perkeretaapian berada di tangan bangsa Indonesia. Orang Jepang tidak diperbolehkan campur tangan lagi urusan perkeretaapi-an di Indonesia. Inilah yang melandasi ditetapkannya 28 September 1945 sebagai Hari Kereta Api di Indonesia, serta dibentuknya Djawatan Kereta Api Republik Indonesia (DKARI).
B.     Logo
https://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/thumb/4/4e/Logo_PT_KAI_(Persero).svg/1280px-Logo_PT_KAI_(Persero).svg.png
Bentuk:
Garis melengkung: Melambangkan gerakan yang dinamis PT KAI dalam mencapai Visi dan Misinya.
Anak Panah: Melambangkan Nilai Integritas, yang harus dimiliki insan PT KAI dalam mewujudkan Pelayanan Prima.
Warna:
Orange: Melambangkan proses Pelayanan Prima (Kepuasan Pelanggan) yang ditujukan kepada pelanggan internal dan eksternal.
Biru: Melambangkan semangat Inovasi yang harus dilakukan dalam memberikan nilai tambah ke stakeholders. Inovasi dilakukan dengan semangat sinergi di semua bidang dan dimulai dari hal yang paling kecil sehingga dapat melesat.




C.     Visi dan Misi
Visi menjadi penyedia jasa perkeretaapian terbaik yang fokus pada pelayanan pelanggan dan memenuhi harapan stakeholders
Misi menyelenggarakan bisnis perkeretaapian dan bisnis usaha penunjangnya, melalui praktek bisnis dan model organisasi terbaik untuk memberikan nilai tambah yang tinggi bagi stakeholders dan kelestarian lingkungan berdasarkan 4 pilar utama : Keselamatan, Ketepatan waktu, Pelayanan dan Kenyamanan.

D.    Struktur Organisasi
http://image.slidesharecdn.com/e-ticketingcommuterlinejabodetabek-120104225636-phpapp01/95/e-ticketing-commuter-line-jabodetabek-4-728.jpg?cb=1325718047







BAB 3
Bagian 1

A.    Berita  :
Rail Clinic Layani Masyarakat Sekitar Stasiun Kedungjati
Tanggal Publikasi : 10.05.2016 00:00:00
Dalam rangka pelaksanaan program lanjutan BUMN hadir untuk negeri dan kepedulian PT Kereta Api Indonesia (Persero) untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di sepanjang jalur kereta api terutama masyarakat di daerah terpencil yang tidak terjangkau pelayanan kesehatan, hari ini Selasa (10/5) Daop 4 Semarang kembali mengadakan kegiatan Bakti Sosial Rail Clinic yang bertempat di Stasiun Kedungjati. Dengan bertemakan "Tranformasi Untuk Negeri" Rail Clinic kembali hadir di tengah-tengah masyarakat sekitar Stasiun Kedungjati untuk memberikan penyuluhan kesehatan, konsultasi kesehatan, pengobatan gratis, pemberian kacamata gratis untuk anak SD, dan sosialisasi keselamatan perjalanan KA kepada masyarakat sekitar.


KAI Tandatangani MOU dengan Unpad            
Tanggal Publikasi : 09.05.2016 00:00:00
Bertempat di Flores Ballroom, Hotel Borobudur, Jakarta, KAI bersama 15 BUMN lain meneken MoU dengan Universitas Padjadjaran (Unpad) guna pendirian Universitas Padjadjaran - BUMN Center of Excellence (Unpad-BCE), Senin (9/5). Program tersebut diluncurkan sebagai pusat pengembangan keunggulan BUMN untuk menciptakan daya saing global. Dalam acara tsb, hadir Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Ristek dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir, Menteri Kominfo Rudiantara, Rektor Unpad Tri Hanggono Achmad, DU beserta jajaran, serta direksi BUMN-BUMN lain.








Koordinasi dengan Walikota Surakarta Terkait KA Bandara Adi Soemarmo
Tanggal Publikasi : 07.05.2016 00:00:00
Guna mempersiapkan jalur Kereta Api Ke Bandara Adi Soemarmo, dilakukan pertemuan antara KAI dengan Walikota Surakarta FX Hadi Rudyatmo pada Sabtu (7/5). Pada kesempatan ini hadir pula Direktur Utama PT Angkasa Pura 1 Sulistyo Wimbo Hardjito.Pertemuan dilakukan di rumah Loji Gandrung Rumah Dinas Walikota Solo. Dari pertemuan tersebut rencananya akan dilakukan kajian terkait pembukaan rute baru yang menghubungkan antara stasiun dan bandara. Dengan adanya rute baru tersebut diharapkan dapat mempermudah akses masyarakat.


Inspeksi Jalur KA untuk Persiapan Angkutan Lebaran 2016
Tanggal Publikasi : 07.05.2016 00:00:00
Jajaran PT Kereta Api Indonesia (Persero) yang dipimpin oleh Direktur Utama Edi Sukmoro melakukan inspeksi dengan lintas Bandung - Yogyakarta, Kamis (5/5) dan Solo - Semarang - Gambir, Sabtu (7/5). Inspeksi dilakukan menggunakan KA Inspeksi Wijayakusuma.Inspeksi Jalur Selatan dimulai dari Stasiun Bandung kemudian berhenti di Stasiun Kiaracondong, Rancaekek, Bumiwaluya, Cipeundeuy, Tasikmalaya, Banjar, Kroya, Kutoarjo, dan Yogyakarta. Untuk Inspeksi jalur Utara, KA Inspeksi berhenti Stasiun Purwosari, Solo Jebres, Gundih, Semarang Tawang, Pekalongan, Tegal, Cirebon Prujakan, Cirebon Kejaksaan, Cikampek, dan Gambir.















A.    Kerja sama

A. PT Reska Multi Usaha
PT Reska Multi Usaha bergerak dalam bidang usaha Restorasi KA, Service On Train (SOT), Jasa Boga (Catering), Resto & Cafe, Parkir. Komposisi kepemilikan saham PT Reska Multi Usaha yaitu PT KAI 95,01% dan Yayasan Pusaka 4,99%.
Alamat Kantor :
Stasiun Mangga Besar Lt. 1, Jl. Karanganyar no. 1 Jakarta Pusat
Telepon : 021-62302540
Email : reska.pusat@reska.co.id
Website : www.reska.co.id

B. PT Railink
PT Railink merupakan joint venture antara PT Kereta Api Indonesia (Persero) dengan PT Angkasa Pura II (Persero) dengan komposisi kepemilikan saham 60% KAI dan 40% AP II. Kegiatan usaha yang dijalaninya yakni pengoperasian, Pengoperasian pengelolaan dan pengusahaan kereta api bandara, Pengembangan dan pengelolaan stasiun kereta api di bandara dan di pusat kota, Pengadaan dan pemeliharaan sarana dan prasarana kereta api, Pembagunan prasarana kereta api, Konsultasi dan desain sistem perkerataapian, Pengusahaan jasa lainnya yang menunjang usaha-usaha pokok.
Alamat Kantor :
1. Kantor Pusat : Gedung JRC Lantai 3, Jl. Ir. H. Juanda 1B No. 8-10 Jakarta Pusat
2. Cabang Medan : Jl. Prof. H.M. Yamin, SH No. 14 - Medan 20231, Sumatra Utara, Indonesia
Telepon : 061 - 4561331
Email : info@railink.co.id







B.  PT KAI Commuter Jabodetabek

PT KAI Commuter Jabodetabek dibentuk berdasarkan Inpres No. 5 tahun 2008 dam surat Menneg BUMN No.S-653/MBU/2008 tanggal 12 agustus 2008. Tugas pokok KCJ adalah menyelenggarakan pengusahaan jasa angkutan kereta api commuter dengan menggunakan sarana Kereta Rel Listrik di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi serta pengusahaan di bidang usaha non angkutan penumpang. PT KAI Commuter Jabodetabek dengan komposisi kepemilikan saham KAI 99,78% dan Yayasan Pusaka 0,22%.

Alamat Kantor :
Stasiun Juanda Lt. 1 & 2, Jl. Ir. H. Juanda 1 - Jakarta Pusat, 10120, Indonesia
Telepon : 021 - 345 3535
Fax : 021 - 34834084
email : commuter@krl.co.id
Website : www.krl.co.id

D. PT KA Pariwisata
PT KA Pariwisata atau disingkat PT KA Wisata bertujuan untuk menyediakan barang atau jasa yang bermutu tinggi dan berdaya saing kuat di pasar dalam wilayah Indonesia dibidang pariwisata kereta api, dan kegiatan usaha yang mendukung pariwisata kereta api dengan menerapkan prinsip-prinsip Perseroan Terbatas. Komposisi kepemilikan saham PT KA Pariwisata yaitu KAI 99,90% dan Yayasan Pusaka 0,1%.

Alamat Kantor :
Stasiun Gambir Lt. 2, Jl. Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat 10110, Indonesia.
Telepon : 021 - 38902233
Fax : 021 - 38902424
Email : info@indorailtour.com
Website : www.indorailtour.com






E. PT. KA Logistik

PT Kereta Api Logistik (Kalog) memiliki usaha di bidang layanan distribusi logistik berbasis kereta api, dengan kemasan bisnis door to door service untuk memberikan pelayanan yang parnipurna bagi pelanggan kereta api yang didukung dengan angkutan pra dan lanjutan serta layanan penunjangnya, meliputi pengelolaan Termianal Peti Kemas (TPK), bongkar muat, pergudangan, pengepakan, pelabelan, pengangkutan, penjejakan, pengawalan logistik serta manajemen logistik dengan menerapkan prinsip-prinsip perseroan terbatas. Orientasi bisnis Kalog kedepan adalah sebagai jasa layanan distribusi logistik secara Total Solution melalui End-to-End Services atau dengan kata lain sebagai SCM Service Provider.

Fungsi dan peran kontributif Kalog terhadap jasa layanan yang telah disediakan oleh induknya adalah sebagai pencipta nilai tambah (value creator) sepanjang rantai nilai (value chain) layanan distribusi logistik, termasuk layanan yang telah disediakan oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero), seperti angkutan barang dan pergudangan. Komposisi kepemilikan saham PT KA Logistik yaitu KAI 99,90% dan Yayasan Pusaka 0,1%.

Alamat Kantor :
Stasiun Gondangdia Lt. 1, Jl. KH. Wahid Hasyim No. 11 A, Jakarta Pusat 10340
Telepon : 021 - 31922299,
Fax: 021 - 31922288,
Email : info@kalogistics.co.id












F. PT KA Properti Manajemen

PT KA Properti Manajemen atau disingkat PT KAPM memiliki usaha di bidang pengelolaan aset/properti perkeretaapian milik PT Kereta Api Indonesia (Persero) maupun pihak lainnya dengan tujuan mengoptimalkan pemanfaatan serta memberikan nilai tambah aset/properti tersebut guna memenuhi standar mutu terbaik dengan menerapkan prinsip-prinsip Perseroan Terbatas. Komposisi kepemilikan saham PT KA Properti Manajemen yaitu KAI 99,90% dan Yayasan Pusaka 0,1%.
Alamat Kantor :
Stasiun Sawah Besar Lt. 1, Jl. K.H. Samanhudi, Jakarta Pusat - 10710
Telepon : 021 - 3451040 & 021 -3451404
Faximile: 021 - 3451087
E-mail: corporate@kapm.co.id
Website : www.kapm.co.id

G. PT Pilar Sinergi BUMN Indonesia
PT Pilar Sinergi BUMN Indonesia atau disingkat PSBI merupakan Joint Venture dari 4 BUMN yaitu PT Wijaya Karya (Persero) (WIKA), PT Jasa Marga (Persero) Tbk. (JSMR), PT Kereta Api Indonesia (Persero) (KAI) dan PT Perkebunan Nusantara VIII (PTPN VIII) dengan kepelimilikan saham Wika 38%, KAI 25%, PN VIII 25%, dan JSMR 12%. PT PSBI bersama-sama dengan China Railway International Co. Ltd. dari Tiongkok membentuk PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) untuk menyelenggarakan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Penjelasan mengenai proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung dapat anda lihat pada tautan berikut ini : profil

Alamat Kantor:
Jl. D.I. Panjaitan Kav.9, Jakarta 13340, PO Box 4174
Telepon: 021-8192808, 8508640, 8508650
Faximile: 021-8191235





C. Event
KAI Raih Penghargaan dalam Indonesia Young Woman Future Business Leaders 2016
Tanggal Publikasi : 03.05.2016 00:00:00
Dua Srikandi KAI, dr Astrid Anindita, Manager Health Public Services dan Dian Anggraheni Puspitasari, Customer Care Manager mendapatkan penghargaan dalam Indonesia Young Woman Future Business Leaders 2016. Astrid Anindita dinobatkan sebagai The First Winner of Indonesia Young Woman Future Business Leaders 2016, dimana sebelumnya dia bertugas sebagai Manajer Kesehatan Daop 6 Yogyakarta.Sedangkan Dian Anggraheni Puspitasari menerima penghargaan sebagai The Third Winner of Indonesia Young Woman Future Business Leaders 2016.Dua penghargaan ini diberikan oleh Majalah SWA yang bekerjasama dengan Dunamis dan IPSOS, dalam acara Malam Penganugerahan yang diadakan di Hotel Shangri-La, Jakarta, Selasa (3/5).

https://www.kereta-api.co.id/media/content/beritaka_160504_05.jpg









dr Astrid Anindita_Manager Health Public Services menjadi salah seorang pembicara dalam seminar. Menurut Kemal. E. Gani, Group Chief Editor SWA, penghargaan Indonesia Young Woman Future Business Leaders 2016 bertujuan untuk mencari dan menampilkan wanita muda Indonesia yang akan menjadi calon pemimpin di masa mendatang. Dilanjutkannya, ia meyakini jika wanita-wanita Indonesia tidak kalah hebatnya dalam memimpin sebuah perusahaan. Dan metode penilaian yang dilakukan untuk menjaring wanita-wanita hebat ini dilakukan dengan cara para peserta diharuskan membuat proposal mengenai dirinya dan apa yang dilakukannya. Lalu mereka mempresentasikannya di depan Dewan Juri dari kalangan Profesional dan Akademisi yaitu Tommy Sudjarwadi (Partner Franklin Covy Indonesia), Irham Dilmy (Wakil Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara) Kartika D Antono (direktur Pengelola PT Multi Strada Argo Internasional) dan Neneng Goenadi (Country Director Accenture Indonesia).

https://www.kereta-api.co.id/media/content/beritaka_160504_06.jpg
Jajaran PT KAI berfoto bersama Dua Srikandi PT KAI
Tak berbeda dengan tahun sebelumnya ajang ini terbuka bagi perempuan berusia maksimal 35 tahun, baik sebagai profesional maupun wirausaha. Mereka harus memiliki jabatan minimal sebagai manager dan mengirimkan tulisan ringkas tentang prestasi dan terobosan apa yang telah dicapai sehingga layak menjadi pemimpin bisnis masa depan. (PR KAI)





Bagian 2 :

A.           Produk :

1.      LAYANAN PENUMPANG
Sebagai perusahaan yang mengelola perkeretaapian di Indonesia, PT. Kereta Api Indonesia (Persero) telah banyak mengoperasikan KA penumpangnya, baik KA Utama (Komersil dan Non Komersil), maupun KA Lokal di Jawa dan Sumatera, yang terdiri dari :
- KA Eksekutif
- KA Ekonomi AC
- KA Bisnis
- KA Ekonomi
- KA Campuran
- KA Lokal
- KRL
Pelayanan Penumpang :
·         RESTORASI
·         KRU KA
·         MANAGER ON DUTTY ON TRAIN CLEANING














2.      ANGKUTAN BARANG
Komoditi yang dapat dilayani pada angkutan barang, diantaranya :
Petikemas
Paletisasi, Insulated and refrigerated containers, Standard containers, Hard-top containers, Open-top containers, Flatracks, Platforms (plats), Ventilated containers, Bulk containers, Tank containers
Barang curah Liquid/ Cair
BBM, CPO,Semua bahan kimia cair yang tidak korosif, Minyak goreng, air mineral dan lain-lain
Barang curah
Batubara, pasir, semen, gula pasir, pupuk, beras, kricak, aspalt, klinker dan lain-lain
Barang retail
Barang elektronik, hasil produksi pabrik yang sudah terpaket, barang kiriman hantaran, barang potogan
Barang packaging
Semen, pupuk, gula pasir, beras, paletisasi


3.      PENGUSAHAAN ASET
Untuk melakukan sewa aset PT. Kereta Api Indonesia (Persero) anda mengikuti prosedur sewa sebagai berikut :
Aset yang dapat disewa terdiri dari Aset Railway dan Aset Non Railway
Mengajukan permohonan sewa ke Manager komersial di daerah operasi terdekat.
Menunjukan SPPT PBB terbaru.
Melakukan Pertemuan untuk Pembahasan rencana sewa-menyewa, Penentuan tarif dan Kesepakatan kerjasama.
Peninjauan lokasi bersama.Proses kontrak
Penandatanganan kontrak kerjasama





B.            Seputar tiket









DAFTAR TEMPAT PEMBELIAN TIKET :


NO
NAMA
PENGELOLA
1.
Kantor Pos dan Agen Pos
PT Pos Indonesia (Persero)
2.
Indomaret
PT. Indomarco Prismatama
3.
Alfamart
PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk
4.
Alfamidi, Alfa Ekspress, dan Lawson
PT. Midi Utama Indonesia Tbk
5.
FinChannel
PT. Finnet Indonesia
6.
PPOB BRI Delaprasta
PT. Flash Mobile
7.
Fastpay
PT. Bimasakti Multiwealth
8.
Pegadaian, Cooppay, dan JNE
PT. Citra Multi Services
9.
Aeroticket
PT. Innovatech Mediasky
10.
VOC
PT. Violet Indah Esa Wisata
11.
Citos
PT. Citos Connection
12.
Pointer
PT. Alam Pesona Wisata
13.
Oke Tiket
PT. Mitra Persada Travelindo
14.
Jatelindo B-Isa
PT. Jatelindo Perkasa Abadi
15.
BTrav
PT. Btrav International
16.
MLPO Q-Nets
PT. Sarana Yukti Bandhana
17.
VAS Mobile
PT. Abhimata Citra Abadi
18.
Mitracomm
PT. MitraComm Ekasarana
19.
7-Eleven
PT. Modern Putra Indonesia
20.
Panglima Ekspress
PT. Panglima Ekspress
21.
Tors.us
PT. Roda Ekspress
22.
Asia Wisata
PT. Khalifa International Bussiness
23.
ATA Indonesia
PT. Anugerah Tetap Abadi
24.
i-Zone
PT. Smart Technologies
25.
PPOB BSM
PT. Bank Syariah Mandiri Tbk
26.
Via
PT. Adya Tours





Web/Mobile Aplication
NO
NAMA
PENGELOLA
1.
tiket.kereta-api.co.id
PT. Kereta Api Indonesia (Persero)
2.
www.tiketkai.com
PT. Bimasakti Multiwealth
3.
www.tiket.com
PT. Global Tiket Network
4.
www.paditrain.com
PT. Padicon Teknologi Informasi
5.
KAI Access
PT. Kereta Api Indonesia (Persero)
6.
Paditrain
PT. Padicon Teknologi Informasi
7.
Naik kereta
PT. Global Tiket Network
8.
Jadwal ka
PT. Global Tiket Network



DAFTAR TEMPAT PEMBAYARAN TIKET
yang dipesan melalui contact center 121 / web tiket.kereta-api.co.id / kai access
NO
NAMA
PENGELOLA
1.
ATM Bank Mandiri, BRI, BII Maybank, BPR-KS, OCBC
NISP, BPD-DIY, Panin Bank,
Mayapada, BJB, Pundi,
CIMB Niaga, Mega, BRI Syariah
PT Finnet Indonesia
2.
ATM Bank BTN
PT Bank Tabungan Negara (Persero), Tbk
3.
ATM Bank BNI
PT Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk
4.
ATM Bank BCA
PT Bank Central Asia, Tbk
5.
PPOB BRI Delaprasta
PT Flash Mobile
6.
Indomaret
PT. Indomarco Prismatama
7.
Alfamart
PT. Sumber Alfaria Trijaya, Tbk
8.
Alfamidi, Alfa Ekspress, Lawson
PT. Midi Utama Indonesia, Tbk
9.
Kantor Pos dan Agen Pos
PT Pos Indonesia (Persero)
10.
CIMB Clicks
PT Bank CIMB Niaga, Tbk
11.
e-Pay BRI
PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk









DAFTAR NAMA STASIUN
Yang melayani pembatalan tiket dan pengambilan bea tiket yang dibatalkan
NO
NAMA
PENGELOLA
1.
Medan, Tebingtinggi, Siantar, Tanjungbalai, Kisaran Rantauprapat
Divre I Sumatera Utara
2.
Padang
Divre II Sumatera Barat
3.
Kertapati, Prabumulih, Lubuklinggau, Baturaja, Kotabumi, Tanjungkarang
Divre III Sumatera Selatan
4.
Serang, Rangkasbitung, Jakartakota, Gambir, Pasar Senen, Bogor,Bekasi, Cikampek
Daop 1 Jakarta
5.
Purwakarta, Bandung, Kiaracondong, Tasikmalaya, Banjar
Daop 2 Bandung
6.
Cirebon, Cirebon perujakan, Jatibarang, Brebes
Daop 3 Cirebon
7.
Tegal, Pekalongan, Semarangponcol, Semarangtawang, Cepu, Bojonegoro
Daop 4 Semarang
8.
Purwokerto, Kroya, Cilacap, Kutoarjo
Daop 5 Purwokerto
9.
Yogyakarta, lempuyangan, Solobalapan
Daop 6 Yogyakarta
10.
Madiun, Kertosono, Kediri, Jombang
Daop 7 Madiun
11.
Surabayagubeng, Surabaya Pasarturi, Sidoarjo, Malang, Mojokerto, Blitar
Daop 8 Surabaya
12.
Banyuwangi Baru, Kalibaru, Jember, Probolinggo, Pasuruan
Daop 9 Jember












C.            Sarana PT.KAI

Sarana Perkeretaapian

Sarana Kereta Api merupakan alat produkasi untuk menghasilkan jasa angkutan kereta api yang terdiri dari lokomotif, Kereta Rel Listrik (KRL), Kereta Rel Diesel (KRD), kereta penumpang dan gerbong barang. Kondisi sarana kereta api yang dioperasikan PT. Kereta Api Indonesia (Persero) adalah sebagai berikut :

Aset Sarana Kereta Api

JENIS SARANA
JUMLAH (unit)
LOKOMOTIF
516
KRL
816
KRD
157
KERETA
1.722
GERBONG
8.171




















                                    
       BAB 4
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Berdasarkan  makalah diatas, penulis menyimpulkan bahwa sistem informasi manajemen PT.KAI sudah baik dan tertata rapi. Dari hal sekecil apapun perusahaan PT.KAI sudah mempersiapkan sebaik mungkin dalam  pengoperasiannya.  Mulai dari struktur organisasi,  setiap jabatan sudah meniliki tugasnya masing-masing untuk membantu melancarkan jalannya perusahaan., dengan didukung fasilitas yang memadai dan selalu memperhatikan keluhan pengguna jasanya, PT.KAI menjadi semakin berkembang pesat sampai sekarang. Dengan ditambahnya rute-rute terbaru di daerah pelosok, pengguna jasa  daerah perbatasan dan pelosok negeri  lebih mudah untuk menggunakan transportasi umum.
PT.KAI juga menawarkan tiket dengan harga terjangkau dengan fasilitas full AC, dan gerbong kantin. Di zaman yang semakin maju sekarang ini, untuk memesan tiket kereta api tidak harus datang ke stasiun, melainkan bisa melalui handphone dengan mengakses internet, pembayaran melalui ATM maupun  bank, atau di kios-kios yang menyediakan  tiket, maupun di pusat perbelanjaan seperti, indomart, alfamart dll. Dan jika kita ingin membatalkan  suatu  perjalanan tetapi sudah terlanjur membeli tiket, ada beberapa stasiun yang melayani untuk pembatalan tiket. Tetapi  uang  tidak bisa kembali 100%, melainkan sudah dipo ng oleh pihak perusahaan.

1 komentar:

  1. Star Sands Casino Resort in Canada: The Ultimate Guide to
    Star Sands Casino is a premier casino and hotel in Canada 샌즈카지노 for the enjoyment of a group 온카지노 of devotees. The Star Sands is operated 메리트카지노 by

    BalasHapus